Sabtu, 04 April 2015

Penemuan Baru! Ilmuwan Jepang Ciptakan Sel Khusus Pembunuh Kanker

Penemuan Baru! Ilmuwan Jepang Ciptakan Sel Khusus Pembunuh Kanker


Sampai kini kanker bisa dikatakan sebagai salah satu penyakit yg hampir ngga ada obatnya alias tidak mudah disembuhkan. Berbagai pengobatan yg telah ada pun hanya bertujuan mengurangi kemampuan sel `jahat` kanker utk berkembang biak. Namun baru-baru ini tim peneliti dari Jepang menemukan pengobatan kanker baru dengan memanfaatkan sel T yg diklaim dpt membunuh kanker untuk pertama kalinya.

Sebenarnya secara alami sel T atau bagian dari sel darah putih yg berperan utama dalam sistem kekebalan sel sudah terdapat di dlm tubuh setiap orang tetapi jumlahnya kecil. Oleh karena itu peneliti menduga dengan menyuntikkan sel T tambahan dlm total besar ke badan pasien maka upaya tersebut bisa memperkuat sistem kekebalan sel serta tubuh secara menyeluruh untuk melawan kanker.

Untuk membuat sel spesifik yg disebut dgn limfosit T pembunuh (killer T lymphocytes) ini, awalnya tim peneliti hrs memprogram ulang limfosit T yg mempunyai spesialisasi membunuh beberapa jenis kanker tertentu menjadi jenis sel lain yg disebut induced pluripotent stem cells (sel iPS). Sel-sel iPS inilah yg menghasilkan limfosit T spesifik kanker. http://modernlivingroom.org/design/living-room-design-on-a-budget/

Kendati begitu, studi sebelumnya menemukan limfosit T pembunuh yang dihasilkan di dlm laboratorium dengan menggunakan metode konvensional dianggap kurang efisien dalam membunuh sel-sel kanker karna masa hidupnya yg sangat pendek sehingga penggunaan limfosit T pembunuh utk pengobatan kanker menjadi terbatas.

Beruntung peneliti telah mengantisipasi kendala itu. Utk mengatasinya, tim peneliti dari RIKEN Research Centre for Allergy and Immunology yg dipimpin Hiroshi Kawamoto ini pun memprogram ulang limfosit T pembunuh pada org dewasa menjadi sel-sel iPS & mengamati bagaimana sel-sel ini terdiferensiasi. Caranya dengan memapari limfosit T pembunuh dengan `faktor Yamanaka` atau sekelompok senyawa yg menginduksi sel-sel agar kembali ke tahap non-spesialisasi.

Kemudian sel-sel iPS yang diperoleh dari proses itu ditumbuhkan di dalam lab & diinduksi agar bisa berdiferensiasi menjadi limfosit T pembunuh. Jenis limfosit T baru ini pun telah terbukti spesifik dengan limfosit asli yang ada pada beberapa macam kanker kulit yang sama.

Tak hanya itu, peneliti jg mempertahankan reorganisasi genetik selnya dan membuat limfosit T pembunuh ini mampu mengekspresikan reseptor kanker spesifik pada permukaan `tubuhnya`. Limfosit T baru ini jg diketahui aktif memproduksi senyawa anti-tumor.

”Kami sudah berhasil mengembangkan sel-sel T spesifik antigen dgn membuat sel-sel iPS serta mendiferensiasikan mereka utk kembali menjadi sel T yg fungsional,” tukas Dr. Kawamoto seperti dilansir dari Daily Mail, Sabtu (5/1/2013).

”Langkah selanjutnya merupakan menguji apakah sel T ini bisa membunuh sel-sel tumor secara selektif, gak dengan sel-sel lainnya di dalam tubuh. Jika mereka dapat melakukannya maka sel-sel ini dapat disuntikkan langsung ke dlm badan pasien utk terapi. Bahkan hal ini dpt direalisasikan dlm waktu dekat,” lanjutnya.

Studi ini sudah dipublikasikan dlm jurnal Cell Stem Cell.

Cara Ini Mampu Cegah Infeksi Payudara pada Ibu Menyusui Living Room Design On a Budget

Penemuan Baru! Ilmuwan Jepang Ciptakan Sel Khusus Pembunuh Kanker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar