Minggu, 29 Maret 2015

Kenapa Hati Ikan adalah Makanan Pertama Penduduk Surga?

Kenapa Hati Ikan adalah Makanan Pertama Penduduk Surga?

Soal: Kenapa hati ikan adalah makanan pertama penduduk surga. Saya dengar hal itu bisa membersihkan dan mencuci perut. Apakah hal ini benar atau tidak? Tolong dijelaskan terima kasih.

Jawab:

Alhamdulillah.

Pertama, Sudah ada ketetapan dlm sunnah yang shoheh bahwa sajian penduduk surga pertama kali masuk surga merupakan ‘sekerat hati ikan’ hal itu terdapat dalam hadits Tsauban pembantu Rasulullah sallahu’alaihi wa sallam, bahwa diantara pendeta (rabi) Yahudi mendatangi Rasulullah & bertanya kepada Nabi sallallahu’alaihi wa sallam untuk menguji beberapa masalah, telah ada dlm percakapannya, Yahudi bertanya, ‘Apa suguhan penduduk surga saat mereka masuk surga? Beliau menjawab, ‘Sekerat hati ikan.’ Bertanya, ‘Apa makan siang setelahnya? Dijawab, ‘Disembelihkan utk mereka sapi surga yg dimakan dari ujungnya. Bertanya, ‘Apa minuman mereka? Dijawab, ‘Dari mata air yg dinamakan salsabila. Hingga akhir hadits. (HR. Muslim, 315)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, ‘Ungkapan kata ‘Famatuh fatuhum’ merupakan apa yang dihadiahkan & dikhususkan kepada seseorang serta dipersembahkan. Ibrohim Al-Halaby memaparkan ia adalah ujung buah-buahan.’ Selesai dari kitab ‘Syarh Muslim, 3/227.

Beliau juga mengatakan, ‘Sementara ‘An-Nun merupakan ikan laut menurut kesepakatan para ulama’. Sementara kata ‘Zaidahul kibdi’ adalah potongan tersendiri yang ada di hati. & itu yang paling enak.’ Selesai dari kitab ‘Syarh Muslim, 17/135-136. http://modernlivingroom.org/decoration/living-room-wall-decor/


Telah ada ketetapan hal tersebut dlm hadits lain di shohehain dan sunan. Kita pilihkan hadits ini, karena di dalamnya ada perbedaan antara suguhan penduduk surga yaitu sekerat hati ikan laut. Dengan makan siangnya setelahnya yaitu daging sapi surga.

Kedua, Kami belum menemukan hikmah pengkhususan ‘sekerat hati ikan’ sebagai makanan pertama penduduk surga. Akan tetapi kami meyakini bahwa Allah mempunyai hikmah nan tinggi. & Allah Azza Wajalla Dia Maha Mengetahui serta Maha Bijaksana.

Dia berfirman terkait dgn diri-Nya,

) ﻭَﺭَﺑُّﻚَ ﻳَﺨْﻠُﻖُ ﻣَﺎ ﻳَﺸَﺎﺀُ ﻭَﻳَﺨْﺘَﺎﺭُ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ‏‎ ‎ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟْﺨِﻴَﺮَﺓُ ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻋَﻤَّﺎ‎ ‎ﻳُﺸْﺮِﻛُﻮﻥَ ( ﺍﻟﻘﺼﺺ.68/

‘Dan Tuhanmu menciptakan apa yg Dia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tdk ada pilihan bagi mereka. Maha Suci Allah serta Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan (dengan Dia).’ (QS. Al-Qashash: 68)

Hal tersebut tidak menafikan sebagian ulama’ yang mencoba mengungkap hikmah pemilihan sekerat hati ikan secara khusus. Sebagian mengatakan, bahwa hal tersebut sebagai isyarat akhir dari kehidupan dunia nan fana.

Berpindah ke surga merupakan kehidupan kekal. Lantaran ikan termasuk salah satu hewan laut yang menunjukkan unsur kehidupan di bumi. Sapi termasuk hewan darat yg menunjukkan cocok tanam & berusaha di atas bumi.

Pemberian makanan penduduk surga dengan keduanya mengisyaratkan akhir dari kehidupan dunia dan permulaan kehidupan akhirat. Silahkan melihat kitab ‘Ruhul Ma’ani karangan Al-Alusi, 7/94.

Ketiga, Sementara faedah sekerat hati ikan secara kedokteran bagi makanan penduduk dunia banyak sekali, yg memberi perhatian khusus para dokter spesialis dlm masalah makanan. Mereka menyebutkan diantaranya, menurunkan prosentasi kolesterol dalam darah, menurunkan minyak di tubuh, meringankan sakit di persendian tulang dan ia sangat kaya dengan vitamin (D) yang memiliki banyak faedah.

Barangsiapa yang kepingin lebih luas dlm masalah ini, hendaknya dia merujuk ke referensi khusus dlm masalah ini. Wallahu’alam.

Kisah Tobatnya Seorang Ayah Living Room Wall Decor

Kenapa Hati Ikan adalah Makanan Pertama Penduduk Surga? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar