Rabu, 01 April 2015

Berisiko Tercekik atau Tertindih, Hindari Menaruh Banyak Benda di Kasur Bayi

Berisiko Tercekik atau Tertindih, Hindari Menaruh Banyak Benda di Kasur Bayi 


Jakarta, Ketika mempunyai bayi yg baru lahir, sebagai org tua pastinya ingin selalu tidur bersama. Tetapi ternyata studi memaparkan bahwa tidur bersama orang tua berisiko kematian pada sang bayi. Mengapa begitu?

Dikutip dari Reuters, Jumat (18/7/2014), tidur bersama dgn org tua atau binatang peliharaan merupakan penyebab utama kematian pada bayi berumur 4 bulan. Risiko paling besar pada bayi berumur antara 4 bulan hingga 1 tahun merupakan dengan berguling pada objek yg ada di boks bayi atau tempat tidur.

”Temuan ini masuk akal bagi perkembangan bayi di tahun pertama, di mana bayi yang berumur kurang dari 4 bulan tak mempunyai kekuatan untuk memindahkan kepalanya ketika orang dewasa berguling (saat tidur) ke arahnya dan menutup mulut sang bayi,” jelas Dr Jeffrey Colvin, peneliti dari studi ini. http://modernlivingroom.org/design/living-room-rugs/

Studi ini dilakukan para peneliti dengan melihat database nasional kematian bayi di 24 negara bagian. Data-data tersebut terdiri dari 8.000 bayi yg meninggal akibat sesak napas yang disengaja atau pencekikan di tempat tidur. Kejadian yg tiba-tiba seperti ini disebut sebagai Sudden Infant Death Syndrome (SIDS).

Menurut hasil yg dipublikasikan, sekitar 70 persen bayi meninggal akibat tidur bersama dgn org tua atau binatang peliharaan. Sementara sepertiganya meninggal akibat terlilit atau tercekik benda-benda yg ada di tempat tidur, misalnya bantal atau selimut.

”Bayi yg berada pada umur 4 bulan mulai berguling dengan perut mereka serta tersebut memungkinkan studi ini bahwa bayi dpt berguling. Tapi pada benda-benda yg lembut seperti bantal atau boneka binatang, bayi akn menjadi tidak susah tercekik,” jelas Dr Colvin, yang juga merupakan dokter anak di Children`s Marcy Hospital and Clinics, Kansas City, Missouri.

Faktor-faktor inilah yg berisiko pada bayi, baik yang masih berumur dibawah 4 bulan maupun yang sudah berumur 1 tahun. Menurut profesor dari Ilmu Kesehatan Anak-anak di Yale School of Medicine di Conecticut, Dr Eve R. Colson, selain benda-benda yang empuk, posisi tidur jg bisa menyebabkan kematian pada bayi, khususnya posisi miring.

”Yang paling penting adalah org tua harus memastikan bahwa ngga ada barang-barang lain pada tempat tidur si anak, terutama bantal, selimut, dan mainan,” tegas Colvin.

Saran Dokter, Konseling ASI Sudah Harus Dimulai Sejak Hamil  Living Room Rugs

Berisiko Tercekik atau Tertindih, Hindari Menaruh Banyak Benda di Kasur Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar