Minggu, 14 Desember 2014

Panduan merakit komputer terlengkap

Panduan merakit komputer terlengkap
panduan tips trik tentang-komputer - Apakah kalian lagi kepingin mencari bagai mana Cara Merakit Komputer?  Bagi kalian yang kepingin mencari artikel tentang cara merakit PC Per Komputer, Laptop silahkan disimak artikel mengenai Cara Merakit Komputer dengan Gambar paling lengkap ini.
 

Panduan merakit komputer terlengkap

Sebelum memulai perakitan komputer, perlengkapan yg perlu disiapkan seperti : tang, obeng, kabel, sekrup, jumper, baut, driver serta program aplikasi. Serta juga mesti diperhatikan mengenai kompatibilitas Per kesesuaian dari komponen-komponen terhadap motherboard karna setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, RAM, port serta  alat tambahan lain nya.

Langkah-Langkah Merakit Komputer :

1. Memasang Motherboard.

cara memasang motherboard
cara memasang motherboard
Untuk memasang Motherboard pada casing yaitu letakkan motherboard pada tray casing serta sesuaikan lubang antara casing serta lubang motherboard, lalu kunci dgn sekrup.


2. Pasangkan Processor, CPU Cooler serta Memory/RAM ke Motherboard.

Processor ialah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berperan utk melakukan perhitungan & menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yg sudah disediakan oleh Motherboard, serta bisa diubah dengan Processor yg lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada Motherboard. Salah satu yg sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari macam serta kapasitas Processor.

A. Cara memasang Processor ialah sebagai berikut :

cara memasang prosesor
cara memasang prosesor
Buka pengunci Socket Processor pada Motherboard seperti yg terlihat pada gambar di atas.
Pasangkan Processor ke Motherboard. (PENTING...! Perhatikan bahwa Processor mempunyai tanda pada salah satu sudutnya, dalam hal ini biasanya ditandai dgn lekukan, lubang atau anak panah).
Cocokan tanda itu dgn tanda yang ada pada Socket Processor (Jika Lw mengerjakan hal itu di atas dengan tepat, maka Processor akn dapat dimasukkan ke socketnya dgn baik dan benar).
Kemudian kunci kembali socket tersebut, dgn cara menekan tuas kebawah dan mengaitkan pada pengunci yang ada.

B. Cara Memasang CPU Cooler (Pendingin CPU) :

cara memasang cpu
cara memasang cpu
Siapkan CPU Cooler & Pasta Processor.
Lapisi Processor yg sudah terpasang dan permukaan CPU Cooler dgn pasta yg sudah dipersiapkan tadi.
Kemudian pasangkan CPU Cooler tepat diatas Processor yang sudah terpasang, lalu kencangkan pengunci pada CPU Cooler.
Hubungkan daya yang terdapat pada CPU Cooler dgn Motherboard.

C. Cara Memasang Memory/RAM :

Cara Memasang Memory atau RAM
Cara Memasang Memory atau RAM
Perhatikan slot memory Anda, apakah telah sesuai dgn macam memory yang Kamu gunakan.
Jika sudah sesuai, maka pasangkan memory komputer Anda pada slot yg telah disediakan.
Kemudian klik pengait pada masing-masing ujung memory agar memory tak bergerak-gerak.

3. Memasang Power Supply.
Memasang Power Supply
Memasang Power Supply

Biasanya kalau kami membeli casing pasti power supply telah terpasang. Nah apabila power supply blm terpasang caranya memasangnya perhatikan gambar di atas yaitu Memasang Power Supply.

4. Memasang Hardisk dan CD/DVD Drive.

memasang hardisk sata maupun ata
memasang hardisk sata maupun ata
 
Sebelum memasang Hardisk ke casing langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal macam Hardisk yang akn Anda gunakan. Utk Hardisk yang sering digunakan saat ini yaitu Hardisk ATA & SATA. Bila Engkau Menggunakan Hardisk ATA maka kabel penghubung dari Hardisk ke Motherboard yg harus Nte gunakan ialah Kabel IDE, dan jika Engkau menggunakan Hardisk SATA maka silahkan gunakan kabel SATA. Perbedaan kabel IDE dan SATA terletak pada fisik kabel, kabel ATA lebih lebar dari pada kabel SATA. Biasanya kabel ATA digunakan utk beberapa perangkat lain selain dari pada Hardisk seperti CD/DVD-ROM.

A. Cara memasang Hardisk merupakan sebagai berikut :

Cara memasang jumper hardisk
Cara memasang jumper hardisk
Pertama, aturlah jumper pada hard disk. Jumper ini ada di bagian belakang hardisk serta mempunyai tiga hingga lima pasang pin. Bila hardisk yg akan Anda pasang cuma satu, maka setlah jumper ke posisi ”MASTER”. Jika ada dua hardisk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai ”SLAVE”. Petunjunk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas hardisk.
Pasang kabel data SATA pada port data di belakang hardisk. Pemasangannya tak sulit. Cocokkan saja ujung kabel dengan port data di hardisk, jadi gak mungkin terbalik. Lalu, pasang ujung satunya dari kabel data itu pada port SATA 1 atau primary SATA pada Motherboard. Cara pemasangannya sama dgn pemasangan ke hardisk. Untuk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini, klik gambar untuk memperbesar nya :
memasang kabel IDE hardisk
memasang kabel IDE hardisk
Kemudian letakkan hardisk pada tempat yg sudah disediakan di casing, biasanya ada beberapa slot, kemudian kencangkan dengan skrup yang tersedia. Setelah itu pasanglah kabel power dari Power Supply ke Hardisk seperti gambar langkah 4 di atas. Jika Power Supply Anda model lama yang gak memiliki kabel power untuk SATA, Sampean bisa menggunakan kabel power Konverter Utk lebih jelas nya perhatikan gambar kabel power konverter di bawah ini, klik gambar untuk memperbesar :
kabel power konverter
kabel power konverter. Panduan lengkap cara memrakit komputer

B. Cara pemasangan CD/DVD drive merupakan sebagai berikut :

Untuk pemasangan CD/DVD drive ini kurang lebih sama dgn pemasangan Hardisk. Hanya penempatannya saja yang sedikit berbeda, biasanya CD/DVD Drive ditempatkan pada bagian teratas pada casing. Sebelum menempatkan CD/DVD Drive, buka dulu penutupnya yg terbuat dari plastik, Kemudian tekan penutupnya dari bagian dalam.

5. Merakit kabel komputer.

Setelah semua komponen komputer terpasang, langkah selanjutnya adalah merakit kabel-kabel komputer, baik kabel I/O, kabel hardisk, kabel CD ROM, Kabel power CPU dll. Kamu cukup memperhatikan gambar berikut ini utk panduan Lw memasang kabel-kabel untuk merakit komputer Anda.

Sebaiknya Anda benar-benar memperhatikan langkah yg satu ini, lantaran ini adalah salah satu yg paling central dlm merakit komputer, bila kabel yg Anda hubungkan ternyata salah maka akan berakibat fatal. Akan tetapi Engkau ngga perlu khawatir berlebihan, setiap kabel sudah disetting sedemikian rupa agar berbeda dgn yang lain, jadi Kamu tinggal mencocokkan saja dengan colokannya. Berikut merupakan beberapa gambar utk merakit kabel-kabel komputer, klik pada gambar untuk memperbesar gambar :

Merakit kabel komputer
Merakit kabel komputer
6. Memasang Card Adapter.
Untuk Card Adapter yg bisanya dipasang adalah sound, video card, modem & SCSI adapter. Cara pemasangannya yaitu : masukkan Card Adapter pada slot yg tersedia di motherboard, lalu tekan hingga konektor benar-benar masuk, setelah itu beri sekrup sebagai penahan card. Utk lebih jelas nya perhatikan gambar di bawah ini, klik gambar untuk memperbesar nya :

cara Memasang Card Adapter.
cara Memasang Card Adapter.

7. Tahap terakhir perakitan komputer.

Kalau semua langkah-langkah perakitan komputer telah selesai, kini tutup dengan casing & beri sekrup. Hubungkan kabel dari catu daya ke soket dinding & juga hubungkan konektor monitor ke port video card, konektor kabel keyboard serta konektor mouse ke port mouse.

8. Pemeriksaan Hasil Perakitan Komputer.

Setelah komputer selesai dirakit, kita lakukan pemeriksaan & pengetesan hasilnya dgn program BIOS, caranya yaitu :

Nyalakan komputer & monitor, lihat layar monitor dan jg dengarkan suara dari speaker.
Nah program Fost dari Bios ini akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yg sudah dipasang pada komputer.
Lakukan setting utk nilai dari kapasitas hardisk serta boot sequence.
Kalau telah lalu simpan hasil settingan & exit dari setup BIOS, maka komputer meload system operasi dgn urutan pencarian yg disesuaikan dgn settingan boot sequence pada Bios.
Masukkan CD Bootable yg berisi sistem operasi pada drive pencarian.

CATATAN PENTING...!!!

Solusi jika terjadi masalah pada hasil perakitan komputer :
Hidupkan komputer, apabila komputer & monitor tdk hidup, periksa kabel daya pada colokan listrik sudah terhubung apa belum.
Apabila waktu dinyalakan, tampilan layar monitor ngeblank Per berwarna hitam, pasti ada kesalahan serta apabila pada CPU terdengar bunyi beep, maka betulkan penempatan RAM Per memori pada soket.
Apabila card adapter tidak terdeteksi, periksa penempatan card adapter sudah pas apa belom ke slotnya.
Apabila LED dari harddisk atau CD menyala terus, periksa konektornya telah terhubung apa belum.

Perakitan komputer engkau telah selesay jika nte ingin meneruskan masalah tahap penginstalan system oprasi serta pemasangan lain nya BACA SAJA DI DUNIA KOMPUTER. cuma di BERBAGI ILMU-TERLENGKAP.

Source Panduan Super Lengkap Merakit Komputer

Panduan merakit komputer terlengkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar